Meningkatkan Produktivitas Kerja Guru – Menurunnya produktivitas kerja bagi seorang guru slot gacor merupakan hal yang sangat wajar, namun jangan sampai hal ini berlarut-larut. Karena jika dibiarkan berlarut-larut, produktivitas kerja yang menurun dapat menyebabkan guru tidak dapat menyampaikan materi pelajaran dengan baik kepada siswa.

Guru ingin tahu bagaimana cara meningkatkan produktivitas kerja agar selalu dapat menyampaikan materi pelajaran dengan baik kepada siswa? Jika iya, mari simak tips berikut untuk meningkatkan produktivitas kerja guru.

Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja Bagi Guru

Berbagai cara untuk meningkatkan produktivitas kerja bagi guru dapat dilakukan di dalam kelas saat mengajar maupun di luar kelas. Nah, jika para guru ingin mengetahui informasi lebih lengkap tentang cara meningkatkan produktivitas saat mengajar, simak informasinya di bawah ini:

1. Kenali diri Anda

Hal pertama yang perlu dilakukan seorang guru untuk meningkatkan produktivitas kerjanya adalah mengenali dirinya sendiri. Untuk lebih mengenal diri sendiri, ada baiknya guru bertanya pada diri sendiri tentang beberapa hal.

Baca juga: Kolaborasi Sekolah dan Guru untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

2. Menyusun jadwal mengajar dan kegiatan lain untuk minggu depan

Meski terlihat sederhana, faktanya menyiapkan jadwal mengajar dan kegiatan lain untuk minggu depan ternyata bisa bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas kerja guru lho. Hal ini dikarenakan dengan menyusun jadwal, setiap hari guru cukup menjalankan jadwal yang telah dibuat, tanpa perlu membuang waktu memikirkan kegiatan apa yang perlu dilakukan.

Saat menyusun jadwal, jangan lupa sisihkan waktu luang dengan durasi satu hingga dua jam setiap harinya. Guru bisa mengisi waktu luang ini dengan mengerjakan tugas tambahan atau sekedar istirahat.

3. Ciptakan suasana kerja yang nyaman

Hal lain yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan produktivitas kerja adalah dengan menciptakan suasana kerja yang kondusif dan senyaman mungkin. Cara menciptakan suasana kerja yang nyaman bagi setiap guru bisa berbeda-beda. Namun secara umum suasana kerja yang nyaman dapat diciptakan dengan membersihkan meja belajar dari segala benda yang tidak mendukung proses belajar mengajar. Selain itu, jangan lupa untuk selalu membersihkan lingkungan di sekitar meja kerja Anda. Karena selain bermanfaat untuk meningkatkan fokus belajar siswa, hal ini juga bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas kerja guru.

4. Memberikan tugas kepada siswa

Untuk dapat menjaga produktivitas kerja, tidak ada salahnya jika guru memberikan tugas-tugas yang harus dikerjakan siswa selama proses belajar mengajar sedang berlangsung. Sementara siswa mengerjakan tugas, guru bisa mengerjakan pekerjaan lain atau sekedar istirahat sejenak. Karena hal ini juga terbukti bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas kerja guru.

5. Mengkategorikan pekerjaan menjadi dua jenis (pekerjaan sulit dan pekerjaan mudah)

Mengkategorikan pekerjaan menjadi dua, pekerjaan yang sulit dan pekerjaan yang mudah juga merupakan cara yang ampuh untuk meningkatkan produktivitas kerja. Karena hal ini berguna bagi guru untuk selalu bekerja maksimal dalam satu pekerjaan saja. Beberapa contoh pekerjaan yang termasuk dalam kategori sulit adalah menyusun silabus dan mempersiapkan pertemuan orang tua-guru, sedangkan pekerjaan dengan keterlibatan rendah adalah menyalin ulang soal ujian dan merapikan lembar soal ujian untuk diberikan kepada siswa.

Ketika guru merasa sangat energik atau energik, ada baiknya guru mengerjakan pekerjaan yang sulit terlebih dahulu. Namun jika guru tidak bersemangat dan bersemangat untuk bekerja, lebih baik guru melakukan pekerjaan yang mudah.